Seminar Nasional Pendidikan Matematika VI (SEMNAS DIKTA VI) adalah salah satu agenda besar yang diadakan oleh HMJ IAIN Tulungagung yang telah dilaksanakan pada 03 Oktober 2020 dengan mengusung tema “Strategi Blended Learning dalam Pembelajaran Matematika”. Acara semnas tahun ini tentu sangat berbeda dengan semnas tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini tidak diadakan secara tatap muka langsung melainkan dengan menggunakan media online. Rangkaian acaraanya tidak berbeda jauh, yaitu adaya seminar dari pemateri utama yang diikuti oleh seluruh peserta secara onine, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada kesempatan seminar kali ini tidak ada kelas paralel untuk penyajian makalah, sehingga hanya menyajikan materi utama dari narasumber. Karena seminar ini diadakan secara virtual jadi peminatnyapun cukup banyak, tak hayal juga pesertanyapun dari berbagai daerah. Dengan diadakannya SEMNAS DIKTA VI ini diharapkan dapat menambah ilmu bagi peserta yang dominan merupakan seorang pendidik untuk membuat srategi blended learning dalam pembelajaran matematika, sehingga membuat pembelajaran nyaman dan menyenangkan bahkan disaat pandemi saat ini.

Acara berlangsung dengan khidmad, acara dipandu oleh Zufan Hakim Muzaki. Sambutan pertama dari Ibu Dekan, Ibu Binti Maunah. Dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri 1 kemudian pemateri ke 2. Rangkaian acara SEMNAS kali ini dirancang dengan penyesuaian waktu dan kondisi. Disaat pandemi sekarang memang tidak mungkin mengadakan acara tatap muka langsung dengan banyak orang, maka dari itu acara SEMNAS DIKTA VI kali ini disajikan secara virtual melalui zoom dan juga live Youtube.

SEMNAS DIKTA VI 2020 kali ini mendatangkan dua pemateri yang luar biasa. Speaker pertama adalah Dr. Dieky Adzkiya, M.Si. yang merupakan Kaprodi Pascasarjana Matematika Institut Teknologi Sepuluh November. Speaker kedua adalah Dr. Sutopo, M.Pd., yang merupakan dosen Tadris Matematika IAIN Tulungagung. Acara SEMNAS kali ini juga dipandu oleh Syaiful Hadi, M.Pd. selaku moderator dari kedua pemateri.

Para peserta SEMNAS DIKTA VI 2020 sangat antusias dan semangat mendengarkan paparan materi dari Dr. Dieky Adzkiya, M.Si. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang masuk baik melalui komen zoom maupun live chat youtube. Sama halya dengan pemateri pertama, pemateri ke 2 yaitu Dr. Sutopo, M.Pd. juga mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari para peserta, banyak sekali pertanyan-pertanyaan yang peserta sampaikan via zoom maupun live chat Youtube.

Setelah penyampaian materi selesai, moderator memilih beberapa pertanyaan dari peserta untuk dijawab oleh masing-masing pemateri. Pada kesempatan kali ini, dari panitia juga memberikan apresiasi kepada penanya dengan memberi doorprize kepada 4 penanya terbaik selama acara seminar berlangsung.

Disisi lain juga terdapat beberapa kendala saat mendekati akhir, ketika pembagian link absensi pada akhir acara. Kesalahan murni dari panitia karena kekeliruan mengcopy link absensi, sehingga formulir absensi tidak dapat diakses oleh peserta. Namun tak berselang lama panitia segera memperbaiki dan akhirnya presensi dapat dilakukan.

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *