GAMA (Gebyar Matematika) 2018

Gebyar Matematika atau yang sering disebut GAMA oleh para warga Tadris Matematika (TMT), adalah suatu kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tadris Matematika yang didalamnya berisikan perlombaan seni dan olahraga. GAMA sendiri diusung oleh HMJ TMT dari program kerja seksi bidang Senior (seni dan olahraga) yang maka dari itulah mengapa isi dari gama adalah seni dan olahraga. GAMA ini sendiri masih berlangsung dalam dua tahun kepengurusan jadi masih terlaksana dua kali ini, yang terbilang masih program kerja baru dari HMJ TMT. Sasaran dari GAMA ini adalah seluruh warga Tadris Matematika IAIN Tulungagung dari semester 2 sampai dengan semester 6. GAMA ini diadakan guna untuk menggali potensi warga Tadris Matematika dalam bidang seni dan olahraga, serta selain itu juga guna mempererat tali silahturahmi antar sesama warga Tadris Matematika. Kegiatan ini dilangsungkan didua tempat sekaligus yakni di IAINTulungagung sendiri dan di Gor bulu tangkis Karangrejo.  Untuk kegiatan yang dilakukan di IAIN adalah pembukaan acara tersebut dan perlombaan-perlombaan seperti volly, catur, kaligrafi dan pentas seni, sedangkan yang dilaksanakan digor yakni hanya perlombaan bulu tangkisnya. Dampak yang kami harapkan sebagai panitia pelaksana setelah kegiatan ini adalah yang paling utama yakni potensi para mahasiswa TMT dapat tergali dan juga tidak kalah pentingnya adalah sportifitas dan kekompakan dalam bermain serta keakraban yang hangat dalam keluarga Tadris Matematika.

BADMINTON

Sebagai seorang anak tadris matematika tidak dapat dipungkiri bahwa kita sebagai penguasa rumitnya rumus-rumus matematika. Namun selain itu kekuatan fisik kita juga tidak kalah bagusnya dengan anak-anak yang berlatar belakang pendidikan olahraga. Hal ini terbukti pada acara GAMA (Gebyar Matematika) yang diadakan oleh HMJ Tadris Matematika sebagai ajang menyalurkan bakat para ahli rumus ini dalam bidang olah raga. Misalnya pada salah satu kegiatannya yaitu badminton, para mahasiswa-mahasiswi Tadris Matematika menunjukkan kebolehannya pada lomba badminton antar kelas. Pada badminton kali ini ada tiga type, yang pertama badminton singgle putra, badminton singgle putri dan badminton ganda campuran. Lomba seperti ini memang bukan pertama kalinya, tapi peningkatan terjadi sangat baik pada acara kali ini semangat para peserta juga begitu antusias. Pada pelaksanaan lomba badminton singgle putra terlihat sangat baik dan juga menegangkan sebab para pemain dari berbagai perwakilan kelas, mereka sangat tangguh-tangguh. Dalam hal ini permainan mereka tidak ada yang jelek meskipun setiap harinya mereka harus berurusan dengan rumus-rumus matematika yang rumut tapi tak menghalangi mereka untuk berekspresi dalam salah satu cabang olahraga yang satu ini. Pada singgle putra ini dijuarai oleh Mohammad Isna dari TMT 6F yang merupakan juara II dari GAMA tahun lalu yang sekarang mengukir prestasi menjadi juara I. Dan untuk juara kedua diraih oleh Burhanudin Kirom dari TMT 4C yang tak kalah bagusnya dari juara pertama yang dipegang oleh TMT 6F. Tidak hanya itu untuk singgle putri pun juga tak kalah menarik permainannya. Meskipun seorang wanita tapi permainan mereka begitu bagus dan sportif pastinya. Untuk singgle putri ini dijuarai oleh Ririn Andriani dari TMT 4F yang merupakan atlit badminton kebanggaan dari HMJ TMT sendiri. Dan untuk juara ke dua diraih oleh Wafa Ayu Naafiah dari TMT 4A. Begitu juga dengan permainan badminton ganda campuran kembali dijuarai oleh TMT 6F dan juara kedua diraih oleh TMT 4A.

INDAHNYA KALIGRAFI MATEMATIKA

Tidak hanya kecerdasan fisik kepiawaian tangan pun dalam melukiskan sebuah seni yang indah juga dimiliki oleh anak-anak tadris matematika. Mereka sangat piawa dalam memainkan tangannya untuk melukis indahnya lafat-lafat Alloh SWT. Dan haal itu juga tak lepas dari suasana hati yang perlu dikontrol, jadi mereka meskipun sering kacau hatinya dengan rumitnya rumus-rumus yang mereka hadapi tapi mereka juga dapat menyejukkan hati mereka dan mereka tuangkan dalam karya-karyanya yang begitu indah ini. Dalam GAMA cabang lomba kaligrafi ini menunjukkan bahwa anak Tadris Matematika juga sebagai seorang yang religius. Lukisan-lukisan yang indah ini sangat menyejukkan hati para audiennya sehingga dapat memukau juri pula. Dan diambil dua terbaik dari yang terbaik sebagai juara satu dan dua oleh juri kali ini. Kaligrafi indah yang menjuarai pada perlombaan kali ini adalah kaligrafi karya Nur Laili perwakilan dari TMT 4B. Simple namun begitu indah dan begitu bermakna pula artinya. Dan kaligrafi yang mendapatkan juara kedua kali ini diraih oleh Ali Murtadho dari TMT 2B.

VOLLY

Satu lagi lomba yang memeriahkan kegiatan kali ini adalah lomba volly campuran antar kelas. Para peserta paling antusias adalah pada lomba volly ini sebab hampir semua kelas dijurusan Tadris Matematika mengikuti perlombaan ini. Para pemain volly dari TMT tidak bisa diremehkan mereka memainkan permainan dengan begitu bagus meskipun didalamnya ada wanitanya. Lomba volly kali ini lagi dan lagi dijuarai oleh TMT 6F yang telah menyongsong beberapa juara diperlombaan lainnya. Dan untuk juara kedua lomba volly ini dimenangkan oleh TMT 4G. Perlombaan volly ini juga selain menguras tenaga juga pastinya menguras pikiran. Sebab dalam permainan ini juga memerlukan strategi yang dapat menguras pikiran mereka. Dan hal itu adalah salah satu chiri khas anak Tafris Matematika. Matematika Jaya, Matematika Jaya, Matematika Jaya Untuk Indonesia!

CATUR

Selain cerdah memainkan rumus lihai dalam bermain fisik sebagai seorang anak Tadris Matematika jugalah pasti sangat cerdas dalam bermain catus. Karena dalam pembelajaran sendiri anak matematika dilatih untuk menggunakan logikanya dalam materi logika. Jadi anak matematika itu tidak hanya mahir rumus tapi juga logika mereka tak patut untuk diragukan lagi. Itu mereka buktikan dalam permainan atau lomba catur yang diadakan pada GAMA kali ini. Catur putra dan catur putri mereka sama-sama terlihat sangat cerdas dalam menjalankan pion-pionnya sehingga terlihat tak mau saling kalah satu sama lainnya. Keseriusan mereka juga terlihat dalam ekspresi-ekspresi mereka. Permainan ini diambil nilai terbanyak dengan lima kali kemenangan. Kemampuan mereka terlihat memang sangat baik, baik itu pada pemain putra maupun pemain putri. Sebagai seorang wanitapun tidak ingin terlihat lemah mereka menunjukan kepiawaian mereka dalam menjalankan pion-pion catur mereka. Sampai pada akhir permainan yang panas dan menegangkan yang terlihat dari wajah-wajah mereka ditemukan dua pemenang dari masing-masing catur putra dan putri. Yaitu juara pertama dari catur putra diraih oleh mahasiswa kelas 6B saudara Muhammad Ali Saifudin dan juara kedua dipegang oleh Restu Nur P. dari TMT 4C Begitu pula dengan pemenang catur putri juara satu dipegang oleh Nandaning Tyas Apriliani dari TMT 4a dan juara kedua Santi Cahyo Dewanti dari TMT 6B.

PENSI KREASI

Anak matematika itu memang tidak bisa diremehkan, multitalend itu yang bagus disebutkan untuk mereka selain olah raga fisik, otak seni melukis mereka juga masih memiliki berjuta-juta kekreatifan. Seperti yang ditampilkan oleh mereka pada acar puncak GAMA yaitu pensi, mereka perkelas dari jurusan tadris matematika menampilkan berbagai macam pertunjukan. Bagi yang menampilkan nyanyian suara mereka tak perlu lagi diragukan sungguh sangatlah merdu. Tidak hanya itu menyanyi dengan diiringan alunan-alunan gitar yang merdu juga dipersembahkan oleh  mereka. Tarian yang terlihat begitu lues dan sangat mahir mereka pertunjukkan dihadapan para audien yang saat itu menonton. Dance-dance yang menarik dan unik mereka sajikan diatas panggung yang sederhanya yang disiapkan oleh panitia. Namun terlihat begitu megah dengan tampilan-tampilan mereka yang sangat memukau. Memang benar jika anak matematika itu disebut serba bisa. Pada acara pensi ini juga diperlombakan jadi mereka menampilkan yang terbaik dari yang paling terbaik dari penampilan mereka. Pada pensi kali ini dijuarai oleh TMT 6a yang menampilkan pertunjukan fasions show. Yang membuat fashions show mereka menarik adalah cara mereka memanfaatkan barang yang ada yang digunakan untuk tampil, mereka menggunakan sewek atau yang sering disebut jarik sebagai kostum mereka. Dan meskipun begitu itu terlihat sangat indah dan menawan sehingga mereka bisa menjuarai pensi kali ini. Juara kedua diraih oleh kelas TMT 4F yang menampilkan tarian yang berjudul tarian Jaran goyang. Cerita yang dituangkan dalam tarian yang mereka bawakan mampu memukau para audiens dan juri yang ada saat itu. Gerakan yang lues yang dibawakan oleh basangan tari dari 4f tersebut mampu membawa mereka meraih juara kedua pada pensi kali ini. Dan yang terakhir juara ketiga diraih oleh TMT 4E yang membawakan pensi beberapa lagu yang dinyanyika oleh beberapa personil, dan yang membuat menarik adalah nyanyian tersebut diiringi oleh tarian gelas yang sangat kompak. Sehingga membuat nyanyian yang mereka bawakan terlihat semakin merdu dan menarik.

photo6269559522741823466

Admin

Himpunan mahasiswa Tadris Matematika IAIN Tulungagung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *