APOTEMA 2018

HMJ Tadarus Matematika IAIN Tulungagung kembali mengadakan acara besar yang biasa disebut APOTEMA (Ajang Potensi Matematika) yang kali ini kita melangkah Sebagai Jawa Timur terbuka. Dengan nuansa baru, APOTEMA yang diadakan di bulan Oktober ini sukses dilaksanakan. Tahun ini panitia merancang APOTEMA dengan dua jenis ajang potensi, pertama Olimpiade Matematika dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat SMA/MA Se derajat. Untuk Olimpiade sendiri diadakan untuk jenjang SD/MI sederajat, SMP/MTs sebagai derajat, dan SMA/MA sederajat Se-Jawa Timur Terbuka.

Olimpiade sendiri dibagi menjadi tiga babak, yaitu babak penyisihan,babak semifinal, dan final.  Untuk pelaksanaannya sendiri penyisihan diadakan tanggal 14 Oktober 2018 di 20 rayon yang ada di Jawa Timur dan Madura. Rayon-rayon tersebut adalah MAN Kota Blitar (Blitar), Man Kandat (Kediri), SMPN 8 Kota Kediri (Kediri), Nganjuk, MTsN 4 Jombang, MAN 2 Lamongan, Surabaya, Gresik, Malang, Pasuruan, Mojokerto, Madiun, Trenggalek, Ponorogo, Madura, Banyuwangi, Bojonegoro, Lumajang, Jember dan IAIN Tulungagung (pusat). Peserta yang dinyatakan lolos babak penyisihan akan berlanjut di babak semifinal dan final yang diadakan di pusat (IAIN Tulungagung). Semua peserta yang masuk babak semifinal mengikuti Technical meeting lebih dulu pada hari Sabtu 27 Oktober 2018. Lalu tanggal 28 Oktober 2018 para peserta hadir pukul 07.00 WIB untuk check in peserta dan diteruskan dengan pengerjaan soal semifinal. Setelah waktu pengerjaan dinyatakan telah berakhir semua peserta dikumpulkan jadi satu di aula gedung Syaifudin Zuhri lt 6 untuk mengikuti ice breaking sambil menunggu pengumuman peserta yang lolos babak final. Meski ice breaking ini diisi dengan hiburan-hiburan tak bisa dipungkiri bahwa para peserta dan wali murid juga merasa deg-degan menunggu pengumuman siapa yang lolos ke tahap berikutnya. Ice breaking ini juga diisi dengan pembagian piala juara 1 dari masing-masing rayon.

Dan waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu pengumuman peserta yang lolos babak final. Peserta yang dinyatakan lolos babak final harus mengikuri final dengan lima babak didalamnya. Yaitu babak putaran, babak adu cepat, babak presentasi, babak taruhan, dan babak lemparan

Final uenjang SD dilakukan di lt 6 gedung Syaifudin Zuhri, untuk jenjang SMP dilakukan di lt 4 gedung Syaifudin Zuhri, sedangkan untuk jenjang SMA dilaksanakan di aula gedung Syaifudin Zuhri setelah final SD selesai. Dari kelima babak semuanya sama-sama menegangkan, namun dalam beberapa babak peserta aktif sehingga soal banyak yang dilewati namun itu tidak mengurangi keseruan final Olimpiade Matematika Apotema 2018.

Disisi lain ada presentasi LKTI di Gedung Arif Mustaqim tepatnya dilantai 6. LKTI sendiri sudah pada tahap presentasi 10 besar karya tulis terbaik dari 32 karya yang telah dikirim. Sebelumnya sudah dilakukan beberapa seleksi oleh pihak juri yang tentunya di lakukan penyaringan secara ketat. Pesertanua pun tak hanya dari Jawa Timur saja tapi ada juga yang dari Madura. Suasana menegangkan juga dirasakan oleh peserta LKTI mana kala para juri yang kritis dan sangat teliti itu menanyakan beberapa hal mengenai karya tulis mereka. Mereka yang notabene nya memang terbiasa mengikuti perlombaan semacam ini dapat menjawabnya dengan mudah. Setelah semua selesai presentasi semua peserta dan dewan juri melakukan foto bersama.

Waktu yang paling ditunggu-tunggu akhirnya tiba, yaitu pengumuman kejuaraan. Dari LKTi juara pertama diraih oleh MAN 1 Tulungagung. Juara kedua MA al-quran La Raina Hanafida Jombang, yang ketiga SMAN 1 Srengat. Juara Harapan 1 duraih oleh MA Miftahul Ulum Betet Pamekasan. Dan juata harapan II diraih oleh MAN 1 Kediri. Sedangkan pada Olimpiade Matematika untuk jenjang SD/MI sederajat Juara 1 diraih oleh M Nuha Alghifari dari MI Perwanida Blitar. Juara 2 Kurnia Amarullah Husna Rahmanto dari SD I Lukman Hakim. Juara 3 diraih oleh Muhammad Rofiq Miqdan dari SD I Lukman Hakim, Juara harapan 1 diraih oleh Muhammad Fajar Royyan dari SD Plus Rahmat Kediri. Dan harapan 2 di raih oleh Ahmad Hizam Tahfidila dari SD I Lukman Hakim. Untuk jenjang SMP/MTs sederajat diraih oleh SMPN 2 Jember atas nama Kaditya Rakan Pandyansa sebagai Juara 1, Adilatul Aliah dari SMP Al-Izzah IIBS sebagai juara 2, dan Mochammad Fariz Rifqi Rizqullah dari SMPN 2 Jombang sebagai juara ke 3. Untuk juara harapan 1 diraih oleh Eric Priya Prisada dari SMPN 1 Tulungagung, dan harapan 2 diraih oleh Rrswara Anargya D dari SMP Lukman Al-Hakim. Jenjang SMA sederajat juara 1 diraih oleh Rayhan Munir Wibowo dari SMA Ar-Rohman Malang. Juara 2 diraih oleh Christiani Novandinata Setijo dari SMAN 1 Kediri. Juara 3 diraih oleh SMAN 1 Trenggalek atas nama Achmad Hanif Muslim. Untuk juara harapan 1 diraih oleh SMAN Dempo Malang atas nama Alfonsius Rahmadi Putranto Gusti. Harapan 2 diraih oleh M Faiz Khamdani dari SMAN 1 Blitar.  Selamat untuk semua para pemenang dari masing-masing perlombaan juga masing-masiing pemenang. Jangan pernah bosan dan terus belajar untuk menjadi yang terbaik. Kau tunggu di Apotema tahun deoan.

 

 

Admin

Himpunan mahasiswa Tadris Matematika IAIN Tulungagung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *