SEMNAS DIKTA IV

Bulan September ini HMJ TMT IAIN Tulungagung kembali mengadakan acara besar yaitu Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang ke IV. Dan yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah adanya Bakti Lingkungan yang diikuti oleh anggota Ikahimatika dari berbagai daerah. Tepatnya tanggal 15 September 2018 SEMNAS DIKTA IV dilaksanakan di aula gedung Arif Mustakhim dengan pemateri pertama Prof. Dr.rer.nat Widodo, M.S guru besar matematika Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan Dr. Maryono, M.Pd sebagai pemateri ke dua. Sesuai tema “Refleksifitas Matematika Teoritis pada Matematika Terapan di Era Millenial” Seminar Nasional ini banyak diminati oleh banyak orang. Terbukti dari jumlah peserta yang mencapai 450 orang baik dari mahasiswa IAIN Tulungagung maupun diluar IAIN Tulungagung. Acara yang dimoderatori oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si berjalan dengan baik sesuai rencana dan selesai pukul 12.00 WIB.

Setelah Ishoma para peserta seminar dibagi ke dalam kelas-kelas untuk melakukan seminar dalam kelas. Mereka mendapatkan materi dari pemakalah-pemakalah yang mayoritas adalah dosen dan guru. Adapun kegiatannya tak hanya mendengarkan materi saja, tapi juga diskusi dalam menanggapi suatu permasalahan. Disini mereka diajak untuk aktif menyampaikan pendapat kepada peserta lain. Ini lah yang membedakan antara seminar yang diselenggarakan oleh HMJ TMT dengan seminar lainnya. Tak hanya mendengarkan materi tapi kita juga memberikan sarana kepada peserta untuk berdiskusi dalam forum. Meski selesai pukul 15.30  tapi itu semua tidak mempengaruhi lancarnya diskusi didalam kelas paralel.

Jika para peserta seminar secara keseluruhan selesai pukul 15.30,  berbeda dengan anggota Ikahimatika yang masih memiliki kegiatan sampai esok hari, yaitu tanggal 16 September 2018. Mereka masih memiliki kegiatan Bakti Lingkungan di Pantai Gemah. Dimalam tanggal 15 September anggota Ikahimatika dan panitia melakukan makrab di gedung Arif Mustakim, saling bertukar informasi dan pengalaman, tentu  juga berdiskusi untuk Ikahimatika dimasa mendatang.

Bakti lingkungan sendiri dilaksanakan pada pagi hari dengan menggunakan bus kampus sebagai transportasi menuju ke Pantai. Bakti yang dilakukan berupa penanaman pohon di wilayah  sekitar pantai gemah, serta diikuti dengan peletakan tempat sampah di sekitar area pantai. Ada sekitar 30 tanaman trembesi yang ditanam dengan harapan memperasri wilayah pantai gemah. Setelah selesai melakukan penanaman pohon, semua anggota Ikahimatika dan panitia melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan dengan berwisata menikmati indahnya pantai gemah. Lalu bersama-sama kembali ke kampus pada pukul 14.00 WIB. Kerjasama antara HMJ TMT dengan Ikahimatika ini diharapkan mampu mempererat jalinan silaturrahmi antar ikatan mahasiswa matematika di seluruh penjuru tanah air.

Admin

Himpunan mahasiswa Tadris Matematika IAIN Tulungagung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *