Pelatihan Hisab dan Buka Bersama

Hari jumat 25 Mei 2018, Pelatihan Hisab dan Buka Bersama diawali dengan acara pembukaan yang diisi dengan sambutan-sambutan dari ketua pelaksana, ketua umum HMJ, dan sekretaris Jurusan yang mewakili Ketua Jurusan. Acara ini diselenggarakan dibawah naungan Bidang Agama dan Sosial Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika. Banyaknya antusias dari warga tadris matematika menandakan suksesnya acara ini.

Beberapa waktu kemudian materi hisab dimulai. Penyampaian materi tidak di lakukan langsung oleh narasumber yaitu Ahmad Muonif MHI melainkan diisi oleh mahasiswa semester 6. Bapak Musonif meminta mahasiswa dari semester 6 membantu menyampaikan materi dan Bapak pemateri memantau para peserta. Mahasiswa semester 6 pun menjelaskan dengan sangat rinci mengenai hisab shalat. Mereka menjelaskan berbagai waktu shalat mulai dari waktu sholat dhuhur, ashar, maghrib, isya, hingga subuh. Berbagai macam simbol matematika terucap oleh para pemateri ataupun mahasiswa semeter 6. Simbol-simbol seperti sin, cos, tan, derajat sering sekali diucapkan, namun tak dipungkiri simbo-simbol lain juga digunakan. Ini menjadi bukti bahwa matematika tidak hanya digunakan sebagai mata pelajaran semata, namun juga diimplementasikan sebagai ilmu lain dalam kehidupan manusia. Contohnya implementasi dalam ilmu hisab yang dapat dipergunakan untuk menghitung waktu sholat.

Penyampaian materi hisab selesai pukul 16.15 WIB dan para peserta dan panitia pun melaksanakana shalat ashar berjamaaah dan dilanjutkan dengan istighosah bersama. Lantunan bacaaan istighosah yang ucapkan benar-benar menggema dalam ruangan bahkan sampai luar ruangan. Dengan penuh hikmat semua warga matematika baik pengurus, warga, maupun alumni terlihat sangat menyatu. Ini bukti bahwa memang warga tadris matematika memang kompak.

Meski pemateri yaitu Bapak Musonif izin untuk undur diri lebih awal, namun acara tetap bisa berjalan dengan baik. Sesuai dengan sunah Rasulullah, buka puasa kali ini diawali dengan meminum air putih  dan kurma. Lalu diseling i dulu dengan shalat jamaah maghrib. Usai shalat magjrib langsung saja mengambil makanan dan minuman yang telah disediakan. Meski makanan yang disediakan sederhana, hal ini tak mengurangi hangatnya buka bersama warga tadris matematika. Bahkan semakin terlihat saat sesi foto bersama, semua peserta dan panitia bersama-sama mengambil gambar sebagai kenang-kenangan.

Admin

Himpunan mahasiswa Tadris Matematika IAIN Tulungagung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *